Rabu, 23 Mei 2012

Lemak bikin anak gemuk ??


Mommy bloggers,
Pernah gak bingung pada saat memilih makanan untuk anak kita? Pada saat kita mau ngasi makanan yang agak berlemak seperti kare, lemak ayam, kadang timbul rasa takut jangan-jangan karena makan ini anak kita jadi gemuk. Tenang moms jangan panik. Ternyata tidak seburuk yang kita bayangkan kok. Coba disimak dibawah ini satu artikel dari web sebelah.


Pentingnya Lemak Bagi Pertumbuhan
Bayi dan anak memerlukan lemak dalam jumlah yang banyak. Karena itu, Mom & Dad, makanan bayi idealnya memiliki 40% kandungan lemak.
Tahu kan, Mom & Dad, bahwa 60% volume otak itu terdiri dari lemak? Karena itulah lemak menjadi zat gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan otak. Jenis lemak yang menyusun selaput sel otak adalah LCPUFA(jenis asam lemak tak jenuh ganda), dan paling banyak terdapat pada :
1. DHA (Docosahexaenoic acid)
2. AA (Arachidonic acid)
3. Asam Linolenat
4. EPA
Keempat jenis lemak esensial di atas merupakan jenis lemak yang tak dapat diproduksi tubuh, sehingga hanya dapat diperolehdari asupan makanan dan suplemen. 
Beberapa alasan bayi memerlukan asupan lemak yang cukup:
1. Lemak diperlukan sebagai penyimpan terbesar sumber energi tubuh.
2. Lemak Merupakan nutrisi yang esensial dalam pertumbuhan otak.
3. Lemak adalah komponen dasar dari hormon-hormon dalam membran sel, terutama sel-sel darah merah.
4. Lemak bertugas menyerap dan mengantarkan vitamin A, D, E dan K.
5. Sebagian bayi lebih menyukai makanan mengandung lemak, karena rasanya yang cenderung lebih enak. Karena itu, makanan yang mengandung lemak juga cocok untuk anak yang punya kebiasaan memilih-milih makanan.
Karena itu, Mom & Dad, selalu pastikan kebutuhan lemak anak Anda tercukupi dari makanan dan lauk pauk yang dikonsumsinya.

Tuh kan, moms. Lemak justru sangat penting untuk pertumbuhan anak. Yang penting dipilih aja pemberiannya jangan terlalu berlebihan dan terlalu sering. Semoga si kecil sehat dan ceria selalu ya :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar